Gultom, Margaretha Wulandari (2021) Tantangan Pembelajaran Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19 Pada Keluarga Pedagang Kaki Lima di Pasar Sei Sikambing Kota Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173322038 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 3173322038 APPRVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
3. NIM. 3173322038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 3173322038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. NIM. 3173322038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
6. NIM. 3173322038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
10. NIM. 3173322038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
11. NIM. 3173322038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang menjadi tantangan pembelajaran sekolah dasar masa pandemi coronavirus disease 2019 (covid-19) pada keluarga pedagang kaki lima di pasar sei sikambing dan upaya yang dilakukan keluarga dalam menghadapi tantangan pembelajaran. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah orang tua sebagai pedagang kaki lima di pasar sei sikambing yang mempunyai anak sedang bersekolah dibangku sekolah dasar dan anak sekolah dasar yang orang tuanya berdagang kaki di pasar sei sikambing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di pasar sei sikambing jalan Gatot Subroto,Sei Sikambing C II,Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan beberapa informan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan penulis, maka yang menjadi hasil dari penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa ada beberapa tantangan yang dialami oleh keluarga pedagang kaki lima. Adapun beberapa tantangan yang dialami keluarga pedagang yakni dituntut untuk kesulitan menguasai teknologi, kurang paham orang tua dalam menyampaikan materi kepada anak, mengatur waktu (berjualan, kerjaan rumah dan mendampingi anak saat belajar), dan fasilitas yang dimiliki. Dalam menghadapi tantangan pembelajaran sekolah dasar masa pandemi terdapat upaya-upaya yang dilakukan oleh orang tua, seperti mulai belajar menggunakan aplikasi dalam pembelajaran online, belajar menyampaikan setiap bahan pelajaran dengan sebaik dan lebih menarik agar anak tidak merasa bosan dan jenuh, mengatur dan membagi waktu sebaik mungkin dan memenuhi fasilitas belajar anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-ANTRO-017 |
Keywords: | Pembelajaran; masa pandemi; tantangan; dan upaya keluarga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 09:05 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42811 |