Kasmawati (2020) Kemampuan Penggunaan Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Antropologi Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3161122018 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 3161122018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3. NIM 3161122018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 3161122018 ACKNOWEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM 3161122018 TABE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 3161122018 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 3161122018 IST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM 3161122018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
12. NIM 3161122018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 3161122018 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menggunakan literasi digital dalam menyelesaikan tugas akhir. Informan penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Antropologi stambuk 2016 yang sedang mengerjakan tugas akhir. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari kemampuan mahasiswa menggunakan (use) berbagai platform seperti menggunakan word processor, web browser dan search engine sudah tergolong baik dan rata-rata mahasiswa memiliki pengenalan yang baik mengenai dasar-dasar perangkat kumputer. Beberapa aplikasi penelusuran yang digunakan untuk mencari sumber informasi di internet seperti Mozilla Fiefox, Google Chrome, Google Scholar, One Search, iJakarta, dan aplikasi IPusnas. Kemudian dilihat dari kemampuan memahami (understan) mahasiswa memilikin kemampuan literasi yang baik mulai dari menetapkan strategi penelusuran dengan menggunakan kata kunci (query), menemukan dan mengevaluasi informasi yang didapat dari format yang berbeda. Kajian menyimpulkan bahwa sumber referensi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir di generasi digital natives ini adalah berbentuk digital/elektronik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-ANTRO-064 |
Keywords: | Kemampuan; Literasi digital; Habitus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 05:25 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42794 |