Sihombing, Lina Masryanti (2020) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153311023 COVER.pdf
Download (49kB)
2. NIM. 5153311023 APPROVAL SHEET.pdf
Download (572kB)
3. NIM. 5153311023 ABSTRACT.pdf
Download (348kB)
4. NIM. 5153311023 PREFACE.pdf
Download (325kB)
5. NIM. 5153311023 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (172kB)
6. NIM. 5153311023 TABLES.pdf
Download (112kB)
7. NIM. 5153311023 ILLUSTRATION.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 5153311023 APPENDICES.pdf
Download (140kB)
9. NIM. 5153311023 CHAPTER I.pdf
Download (552kB)
13. NIM. 5153311023 CHAPTER V.pdf
Download (304kB)
14. NIM. 5153311023 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMk Negeri 2 Binjai, semester 1 tahun ajaran 2019/2020 kelas XI DPIB yang terdiri dari 32 siswa. Data dalam penlitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa 100% mampu mencapai nilai ≥75. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 25 soal diperoleh 20 soal yang valid, dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 6 soal yang mudah dan 14 soal yang sedang, dari uji daya beda soal diperoleh 1 soal kategori baik sekali, 12 soal baik, 5 soal cukup dan 2 soal kategori buruk. Dari Reabilitas diperoleh r11 sebesar 0,8004 dimana indeks korelasi antara 0,600-0,800 tergolong tinggi. Sehingga hasil belajar siklus I memiliki tingkat reabilitas tinggi. Sedangkan pada suklus II, dari 25 soal diperoleh 21 soal yangvalid, dan uji tingkat kesukaran didapat 5 soal kategori mudah, 16 soal kategori sedang. Dari uji daya beda terdapat 1 soal kategori baik sekali, 8 soal kategori baik, 10 soal dengan kategori cukup, 2 kategorijelek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 14,17, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai aktivitas siswa adalah sebesar 16,36terjadi peningkatan sebesar 15,4551 %.
Perhitungan Uji t didapat thitung> ttabel (7,3563 > 1,670). Artinya peningkatan Aktivitas Belajar terjadi secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkkan perolehan hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata 76,7187 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,0937terjadi peningkatan sebesar 12,2199%.Perhitungan Uji t didapat thitung> ttabel (6,4481 > 1,670). Artinya peningkatan Hasil Belajar terjadi secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan yang dapat diambil adalahPenerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compositiondapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Binjai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hail Belajar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Konstruksi dan Utilitas Gedung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 08:07 |
Last Modified: | 13 May 2024 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42745 |