HARYANI, SRI (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA CERDAS MURNI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 3161121036 COVER.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2. NIM 3161121036 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
3. NIM 3161121036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM N3161121036 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
5. NIM 3161121036 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
6. NIM 3161121036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 3161121036 IST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM 3161121036 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM 3161121036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 3161121036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM 3161121036 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Cerdas Murni. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrument pengumpulan data meggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai signifikasi yang diperoleh dari hasil penghitungan lebih kecil dari tingkat alpha 0,05 yang membuktikan bahwa data sampel terbukti berdistribusi normal. Varian sampel-sampel terbukti homogen dengan hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai signifikasi yang diperoleh dari hasil penghitungan lebih kecil dari tingkat alpha 0,05. Nilai rata-rata dikelas eksperimen sebesar 68,38 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 36,02 sehingga dapat disimpulkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 68,38 > 36,02. Setelah melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diketahui bahwa nilai signifikasi hasil thitungsebesar 28,109 lebih besar dibandingkan nilai taraf signifikan sebesar 0,05 pada dt 82 yaitu ttabel = 1,6636, sehingga hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI SMA Cerdas Murni Tahun 2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Cooperative Learning, Think Talk Write, Minat Belajar Sejarah. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 06:24 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42740 |