Nainggolan, Erikson (2020) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Jalan dan Jembatan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153111022 COVER.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2. NIM. 5153111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5153111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM. 5153111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM. 5153111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
6. NIM. 5153111022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 5153111022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 5153111022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
9. NIM. 5153111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. NIM. 5153111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
14. NIM. 5153111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Jalan dan Jembatan melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 2 Binjai terdiri dari 31 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan materi spesifikasi jembatan. Untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes soal pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal. Sebelum alat ukur digunakan terlebih dahulu di uji coba. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 20 soal diperoleh 16 soal yang valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 3 soal yang mudah, 12 soal yang sedang, dan 1 soal yang sulit dengan uji daya pembeda soal, 1 soal kategori jelek, 7 soal kategori cukup, 7 soal kategori baik, dan 1 soal kategori baik sekali. Sedangkan pada siklus II, dari 20 soal yang telah di uji diperoleh 15 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran diperoleh 7 soal yang mudah dan 8 soal yang sedang.
Analisa data menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,815 dengan persentase kelulusan 70,968 % (ketuntasan klasikal) meningkat menjadi 87,097 pada siklus II dengan persentase kelulusan 100% (ketuntasan klasikal). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program keahlian desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Jika ingin meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan, maka perlu menerapkan model pembelajaran CIRC yang telah teruji melalui penelitian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Konstruksi Jalan dan Jembatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 07:43 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42739 |