Simamora, Dody Christian (2020) Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar AutoCAD Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi dan Bangunan di SMK N 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5153111019 COVER.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
2. 5153111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. 5153111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. 5153111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. 5153111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. 5153111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. 5153111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. 5153111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. 5153111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. 5153111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. 5153111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar AutoCAD melalui penerapan pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas XI kompetensi keahlian desain pemodelan informasi dan bangunan yang terdiri dari 27 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah belajar siswa mampu mencapai nilai > 75 %. Pada latihan Jobsheet I, hasil belajar yang diperoleh yaitu 2 orang siswa tergolong dalam kategori Sangat Kompeten, 7 kategori Kompeten, 10 orang kategori Cukup Kompeten, dan terdapat 8 orang dalam kategori Tidak Kompeten. Sementara pada Uji latihan Jobsheet II, hasil belajar yang diperoleh yaitu 6 orang siswa tergolong dalam kategori Sangat Kompeten, 15 kategori Kompeten, 6 orang kategori Cukup Kompeten, dan tidak terdapat lagi siswa dalam kategori Tidak Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,59 dengan persentase kelulusan 70,37 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,00 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB I mata pelajaran AutoCAD di SMK Negeri 5 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Explicit Instruction, AutoCAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 04:51 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42724 |