BR PURBA, JOSEPHINE ADELWAYS (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN JANJI DI DESA MARBUN TORUAN KECAMATAN BAKTI RAJA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 3162331004 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2 NIM 3162331004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (814kB) | Preview
3 NIM 3162331004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4 NIM 3162331004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
5 NIM 3162331004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
6 NIM 3162331004 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7 NIM 3162331004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8 NIM 3162331004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
9 NIM 3162331004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
14 NIM 3162331004 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
15 NIM 3162331004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kondisi objek wisata Air Terjun Janji di Kecamatan Baktiraja, (2) Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah (3) Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengelola dan masyarakat dalam mengembangkan objek wisata Air Terjun Janji di Desa Marbun Toruan. Penelitian ini dilakukan di Desa Marbun Toruan Kecamatan Baktiraja pada tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah objek wisata Air Terjun Janji Desa Marbun Toruan Kecamatan Baktiraja, mengingat populasi yang terbatas maka populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, komunikasi langsung dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi daya tarik wisata berupa keragaman flora berada pada kategori sedang (skor rata-rata 2). Kondisi sarana wisata berupa transportasi, tempat penginapan, rumah makan, tempat parkir, toilet, pondok pengunjung, promosi dan tempat sampah tergolong dalam kategori baik (skor rata-rata 2,5). Kondisi prasarana wisata di Air Terjun Janji meliputi jaringan jalan, jaringan listrik, jaringan telekomunikasi, pelayanan kesehatan dan air bersih tergolong dalam kategori baik (skor rata-rata 2,6). (2) Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah yakni pengembangan amenitas, promosi dan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat. (3) Strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengelola adalah membangun daya tarik wisata seperti gazeebo, pondok pengunjung dan patung ikan mas dan strategi masyarakat sekitar adalah membuka usaha wisata yakni 9 unit rumah makan, 2 unit tempat penginapan dan masyarakat bertugas untuk menjaga keamanan serta kebersihan di sekitar objek wisata Air Terjun Janji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF1021 Commercial geography. Economic geography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 04:00 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42709 |