Damanik, Prince Clinton Immanuel Christian (2020) Implementasi Pendidikan Politik Dalam Pembelajaran PPKn Guna Menanamkan Budaya Demokratis Di SMA Teladan Pematangsiantar T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163111030 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3163111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
3. NIM. 3163111030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. NIM. 3163111030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 3163111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
6. NIM. 3163111030 TABLES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 3163111030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. NIM. 3163111030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 3163111030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
13. NIM. 3163111030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 3163111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual implementasi pendidikan politik dalam pembelajaran PPKn guna menanamkan budaya demokratis di SMA Teladan Pematangsiantar T.A. 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa SMA Teladan Pematangsiantar kelas X dan XI dan sampel dalam penelitian ini adalah tiga guru PPKn dan 2 kelas terbaik dari kelas X dan XI SMA Teladan Pematangsiantar dengan teknik pengumpulan data melalui sumber data primer dan sekunder, dimana data yang dikumpulkan adalah data yang belum pernah dikumpulkan sebelumnya dengan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu pendidikan politik berhasil diimplementasikan dalam pembelajaran PPKn dengan memberikan pemahaman mengenai hak dan kewajiban, praktik langsung pemilihan ketua kelas, ikut melihat realita dalam pemilu, menekankan azas luberjurdil serta memberikan ilustrasi terkait pelanggaran dan menentukan kriteria calon pemimpin, adapun penanaman budaya demokrasi juga berhasil dengan hasil angket kepada siswa kelas X dan kelas XI yang mayoritas menjawab selalu dengan tingkat persentase sebesar 36,25% dan 40,68%, disusul menjawab sering sebanyak 33,54% dan 33,53%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PKN-042 |
Keywords: | Pendidikan Politik; Budaya Demokratis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 08:57 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42673 |