Elisa (2021) OPTIMALISASI CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP PADA PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK PERUM BULOG SUB DEVISI REGIONAL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4162230001 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 4162230001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
3. NIM. 4162230001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM. 4162230001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 4162230001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 4162230001 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 4162230001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 4162230001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
12. NIM. 4162230001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
13. NIM. 4162230001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan suatu permasalahan yang berkaitan dengan penentuan rute yang optimal yang melibatkan lebih dari satu kendaraan
dengan memperhatikan beberapa kendala untuk melayani sejumlah agen sesuai dengan permintanya masing-masing. Salah satu variasi dari VRP adalah Capacitated
Vehicle Routing Problem (CVRP) yaitu dengan menambahkan kendala kapasitas kendaraan. Tujuannya untuk mengetahui optimalisasi Capacitated Vehicle Routing Problem pada permasalahan rute distribusi produk (barang) pada Perum Bulog Sub Devisi Regional Medan menggunakan algoritma sweep. Algoritma sweep merupakan algoritma yang terdiri dari dua tahap, tahap pertama yaitu clustering agen dan tahap kedua yaitu pembentukan rute untuk masing-masing cluster dengan metode Nearest Neighbour. Berdasarkan perhitungan mengenai Optimalisasi Capacitated Vehicle
Routing Problem menggunakan algoritma sweep pada penentuan rute distribusi produk (barang) pada Perum Bulog Sub Devisi Regional Medan dengan 26 wilayah
di kota Medan diperoleh tiga rute. Rute I berawal dari perusahaan menuju ke masing - masing agen dan kembali lagi ke perusahaan dengan jarak sebesar 48.1 km. Rute II
berawal dari perusahaan menuju ke masing - masing agen dan kembali lagi ke perusahaan dengan jarak sebesar 45.85 km. Dan Rute III berawal dari perusahaan menuju ke masing masing agen dan kembali lagi ke perusahaan dengan jarak sebesar 71.3 km. Jarak tempuh total yang dilalui sebesar 165.25 km. Adapun perhitungan persentase penghematan total jarak rute yang telah dihitung diperoleh sebesar
28.42%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Capacitated Vehicle Routing Problem, Algoritma Sweep, rute distribusi. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 08:22 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42669 |