SIREGAR, ELA AIZA (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Ta. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3153121011 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 3153121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. NIM 3153121011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM 3153121011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM 3153121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
6. NIM 3153121011 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 3153121011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
11. NIM 3153121011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
12. NIM 3153121011 BIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keterbatasan media pembelajan dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujun untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran booklet sejarah serta keefektifan media pembelajaran booklet sejarah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA. Pengembangan media pembelajaran booklet sejarah menggunakan prosedur ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi 5 (lima) tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukan (1) Uji ahli materi sejarah berada dikualifikasi sangat baik (89,53%), (2) Uji ahli media pembelajaran berada dikualifikasi sangat baik (86,36%), (3) Uji validasi oleh guru sejarah berada dikualifikasi sangat baik (91,55%), (4) Uji perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (94,16) %,(5) Uji kelompok kecil berada pada kualfikasi sangat baik (85,83%), (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (94,81%). Hasil pengujian hipotesis membuktikanbahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran booklet sejarah dengan yang menggunakan media pembelajaran booklet sejarah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung= 15,69, pada taraf siginifikasi α= 1,617. Disimpulkan bahwa media pembelajaran booklet sejarah yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-SJRH-023 |
Keywords: | Hasil Belajar Sejarah; Media Pembelajaran Booklet |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 07:56 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42609 |