Situmorang, Melati Susiana Veronika (2020) Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa Di Era 4.0 Pada Sekolah (Studi SMA Negeri 1 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 3163311021 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 3163311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3 . NIM 3163311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 3163311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 3163311021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 3163311021 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 3163311021 ACKNOWEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
8. NIM 3163311021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
12. NIM 3163311021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM 3163311021 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam meningkatkan jiwa nasionalisme siswa di era 4.0 pada sekolah SMA Negeri 1 Doloksanggul, yang berlokasi di Jalan Bonan Dolok Km 2,5 Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan fakta-fakta yang ada berdasarkan penelitian di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Angket yang disajikan sebanyak 20 poin pertanyaan yang memuat tentang peran guru dalam meningkatkan jiwa nasionalisme siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 360 orang siswa dan penulis mengambil sampel sebanyak 15% dari populasi yang ada yaitu 54 orang siswa/siswi yang diambil secara acak sederhana (random sampling). Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistika sederhana (persentase). Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis data diperoleh bahwa 54 responden (53%) menunjukkan bahwa guru PPKn sangat berperan dalam meningkatkan jiwa Nasionalisme siswa kelas X di SMA Negeri 1 Doloksanggul. Sehingga peran yang dilakukan guru PPKn sebagai pengajar, pembimbing, partisipan, motivator, dan penanya dalam meningkatkan jiwa nasionalisme siswa di era 4.0 pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Doloksanggul melalui peningkatan rasa cinta terhadap tanah air, religius, kebersamaan, menghargai jasa pahlawan serta sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila dan budaya bangsa sudah sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PKN-024 |
Keywords: | Peran Guru PPKn; Jiwa Nasionalisme; Era 4.0; siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 04:35 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42593 |