Safitri, Linda (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MTs AL-ULUM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152111022 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2. NIM. 4152111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 4152111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4.NIM. 4152111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 4152111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
9. NIM. 4152111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
13. NIM. 4152111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM. 4152111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning di kelas VIII MTs Al-Ulum Medan; 2) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning di kelas VIII MTs Al-Ulum Medan; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning yang dikembangkan; 4) peningkatan self-efficacy siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning yang dikembangkan; 5) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematis. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Al-Ulum Medan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development & research) dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan dan Semmel yaitu model 4-D yang dibatasi hanya pada tiga tahap (3-D). hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria “valid” dengan rata-rata total validitas RPP = 4,318, LAS = 4,227, tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dimana tim ahli menyatakan valid dengan nilai rata-rata 4,418 dan 4,25, dan hasil validasi angket self-efficacy untuk setiap butir pernyataan dimana tim ahli menyatakan valid. 2) perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,7%; b) ketercapaian tujuan pembelajaran dimana persentase pencapaian tujuan pembelajaran sebesar 81,27%; c) respon siswa sudah menunjukkan respon yang positif; dan d) waktu yang digunakan tidak melebihi waktu pembelajaran yang biasa. 3) kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba II meningkat dari uji coba I. 4) self-efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning berada pada kategori baik. 5) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 107 |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Problem based learning; Pemecahan masalah; Self-efficacy; Model pembelajaran; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 00:07 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 00:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42512 |