Br. Sebayang, Gabriela Anjelika (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDN 040443 Kabanjahe. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM8186181010 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM8186181010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM8186181010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM8186181010 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM8186181010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM8186181010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM8186181010 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM8186181010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM8186181010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM8186181010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM8186181010 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kemampuan literasi tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemmapuan literasi rendah; (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kemampuan literasi dalam memengaruhi hasil belajar PPKN Siswa kelas V. Penelitian ini berbentuk quasi eksperimen dengan disain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 040443 Kabanjahe, yaitu sebanyak 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Pemilihan sampel diambil secara teknik total sampling yaitu dari dua kelas yang keseluruhan ditetapkan sebagai sampel. Dengan demikian sampel ditetapkan yakni kelas VA dan kelas VB. Penentuan kelas untuk penerapan model pembelajaran ditentukan kelas VA yang terdiri 30 siswa untuk kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah), dan kemampuan literasi dan kelas VB yang berjumlah 30 siswa untuk kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dan kemampuan literasi. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 30 butir dan instrumen kemampuan literasi dalam bentuk essay terdiri dari 15 item yang telah dinyatakan valid dan reliabel.
Analisis data menggunakan Anova dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN 040443 Kabanjahe; (2) Hasil belajar PPKN siswa yang memiliki kemampuan literasi tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan literasi rendah; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kemampuan literasi terhadap hasil berlajar PPKn siswa di SDN 040443 Kabanjahe.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Seb p |
Keywords: | hasil belajar; kemampuan literasi; model pembelajaran tipe jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 20:51 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 20:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42496 |