Simandalahi, Prengki (2019) Proses Sosialisasi Sekunder di Sekolah Menengah Atas Parulian 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3152122014 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM 3152122014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
3. NIM 3152122014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 3152122014 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 3152122014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 3152122014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 3152122014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 3152122014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
12. NIM 3152122014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM 3152122014 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan proses sosialisasi sekunder yang dialami siswa serta menjelaskan peran berbagai agen komponen yang ada di sekolah dalam proses sosialisasi sekunder yang dialami siswa. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Swasta Parulian 2 Medan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan data yaitu pengamatan langsung ke lokasi penelitian dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Bidang studi, Guru BP, penjaga kantin, satpam, petugas kebersihan dan beberapa siswa yang keseluruhan berjumlah sepuluh orang. Data yang diperoleh dipilih berdasarkan kebutuhan untuk menjawab perumusan masalah kemudian dianalisis dengan menggunakan konsep sosialisasi. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa dalam proses sosialisasi sekunder yang dialami siswa di sekolah, anak menemukan berbagai nilai dan norma yang berbeda dan dan bahkan bertentangan dengan nilai yang dianut dalam keluarga dan juga peran berbagai agen-agen yang ada di sekolah Bagi pihak sekolah, serta pemberian Reward kepada siswa untuk berperan aktif dalam kepanitiaan di sekolah, berperan aktif di luar untuk memajukan sekolah, berperan aktif di masyarakat atau organisasi kemasyarakatan yang mengembangkan kepribadian anak tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk membuat kebijakan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan kedisiplinan siswa. Bagi guru, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi guru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-ANTRO-008 |
Keywords: | Sosialisasi Sekunder; Peserta Didik; Agen Sosialisasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 19:03 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 20:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42429 |