Br. Tarigan, Ester Novitalina (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 050604 Bekiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176182013 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 8176182013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM 8176182013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 8176182013 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM 8176182013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 8176182013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 8176182013 LIST OF FGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8176182013 LST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8176182013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM 8176182013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 8176182013 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan pendidikan untuk mempersiapkan individu yang memiliki kemampuan dan keterampilan menjadi lebih baik. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran project based learning dibandingkan dengan model direct instruction terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD. (2) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan keterampilan sosial rendah di kelas yang di ajarkan menggunkan model pembelajaran project based learning. (3) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan keterampilan sosial rendah di kelas yang di ajarkan menggunkan model pembelajaran direct instruction. (4) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran project based learning dengan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan uji-Tuckey. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil Belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi dengan nilai rata-rata 75,04 lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model Direct Instruction dengan nilai rata-rata 65,72. (2) Hasil Belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan nilai rata-rata 84,27 lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan nilai rata-rata 67,79 yang diajarkan menggunakan model Project Based Learning. (3) Hasil Belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan nilai rata-rata 73,36 lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan nilai rata-rata 56,00 yang diajarkan menggunakan model Direct Instructio. (4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan dan tingkat keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas V SD Negeri 060504 Bekiun karena diperoleh hasil Fhitung (7,68) > Ftabel (4,60).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Tar p |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning; Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:23 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42393 |