Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Menulis Cerita Rakyat Berbasis Literasi untuk Siswa Kelas X MAN 2 Tg. Pura

Drani, Ahmad (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Menulis Cerita Rakyat Berbasis Literasi untuk Siswa Kelas X MAN 2 Tg. Pura. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 6178192003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 6178192003 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 6178192003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 6178192003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (978kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 6178192003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 6178192003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 6178192003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 6178192003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 6178192003 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 6178192003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 6178192003 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 6178192003 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 6178192003 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 6178192003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 6178192003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 6178192003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 6178192003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 6178192003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 6178192003 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 6178192003 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X MAN 2 Tg. Pura. (2) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X MAN 2 Tg. Pura. (3) Mengetahui efektivitas produk pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X MAN 2 Tg. Pura. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model DDD-E deside, desaign, develop, dan evaluate. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain media, ahli desain grafis pada media, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas X MAN 2 Tg. Pura. Hasil validasi dari ahli materi dalam pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X MAN 2 Tg. Pura menunjukkan bahwa kelayakan isi pada multimedia diperoleh hasil rata-rata 81,2% dalam kriteria sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh hasil presentase rata-rata 90% pada kriteria sangat baik, kebahasaan yang dipergunakan mendapakan presentase rata-rata 83,3% pada kategori sangat baik dan kegrafikan diperoleh hasil presentase rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Hasil validasi dari ahli desain terhadap kelayakan desain dalam pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa yang dikembangkan menunjukkan bahwa aspek panduan dan informasi memiliki persentase rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik, operasional perangkat lunak dengan presentase rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik, dan sistematika, estetika dan prinsip media dengan presentase rata-rata 81,1% pada kriteria sangat baik. Hasil data yang diperoleh dari dua guru bahasa Indonesia, menunjukan bahwa multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi pada siswa kelas X MAN. 2 Tg, Pura yang dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan. secara keseluruhan memperoleh presentase rata-rata 85,5% pada kriteria “sangat baik”. Pengujian pada siswa kelas X MAN 2 Tg. Pura menunjukkan bahwa (1) persentase rata-rata uji coba perorangan sebesar 81,01%. dengan kriteria “sangat baik”, (2) persentase rata-rata dari uji coba kelompok kecil adalah 81,79% dengan kriteria “sangat baik”, dan (3) persentase rata-rata dari uji kelompok lapangan terbatas adalah 86,9% dengan kriteria “sangat baik”. Efektivitas hasil belajar multimedia interaktif mengalami peningkatan dari pretest 66,57 ke posttest 81,14. Hal ini membuktikan bahwa produk pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran menulis cerita rakyat (hikayat) berbasis literasi untuk siswa kelas X MAN 2 Tg. Pura lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 418.407 2 Dra p
Keywords: Multimedia interaktif; Teks Cerita Rakyat; Literasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:01
Last Modified: 03 Jun 2021 01:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42386

Actions (login required)

View Item
View Item