Implementasi Kebijakan Budaya Sekolah Islami dalam Pengembangan Kinerja Profesional Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bireuen

Siraj (2020) Implementasi Kebijakan Budaya Sekolah Islami dalam Pengembangan Kinerja Profesional Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bireuen. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 8146114005 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 8146114005 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 8146114005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 8146114005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 8146114005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 8146114005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 8146114005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 8146114005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 8146114005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 8146114005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 8146114005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 8146114005 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 8146114005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 8146114005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 8146114005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 8146114005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 8146114005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 8146114005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 8146114005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 8146114005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 8146114005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 8146114005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview

Abstract

Pemerintah Propinsi Aceh telah membentuk Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, dengan kekhasan agama, lingkungan sosial, dan budaya. Guru berkewajiban mengembangkan sistem pendidikan Islami, meningkatkan kualitas pribadi, kemampuan dan keterampilan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) perumusan kebijakan; (2) implementasi kebijakan; (3) evaluasi kebijakan; dan (4) membangun existing model dan recommended model implementasi kebijakan budaya sekolah Islami dalam pengembangan kinerja profesional guru SMA di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologik naturalistik, dengan rancangan penelitian multi-case studies. Objek penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Bireuen dan SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui individual case dan cross case analysis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini: (1) perumusan kebijakan dilakukan dengan menganalisis kebutuhan, sejarah, sosial budaya, dan pola kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi syariat Islam, serta komunikasi dan konsolidasi dengan stakeholder dan membentuk tim penyusunan program Islami; (2) implementasi kebijakan dilakukan melalui tahapan: penunjukan tim implementor, melakukan pelatihan dan pembinaan guru, dan sosialisasi kebijakan sekolah; (3) evaluasi kebijakan dilakukan secara internal dan eksternal; (4) model rekomendasi yang dibangun memiliki nilai perbaikan yang dapat dijadikan model alternatif implementasi kebijakan budaya sekolah Islami dalam pengembangan kinerja profesional guru yang bersifat continuous improvement. Dengan memperhatikan kriteria kinerja profesional guru, maka tidak lepas dari peranan kepala sekolah. Implikasi teoritisnya adalah meneguhkan pandangan Sallis tentang seorang pemimpin yang menjalankan kepemimpinannya harus memiliki visi dan dapat memindahkannya ke dalam kebijakan-kebijakan yang jelas dan tujuan khusus sekolah. Unsur kebaharuan (novelty) dalam penelitian ini adalah keberhasilan implementasi kebijakan budaya sekolah Islami dalam pengembangan kinerja profesional guru tergantung pada Sinergitas peran kepala sekolah, guru, stakeholders dan masyarakat. Sinergitas tersebut terintegrasi secara kolaboratif, terkoordinasi dan tersinkronisasi menjadi standar terwujudnya sekolah pembelajar guna terciptanya guru yang memiliki dedikasi dan keahlian, serta generasi Qur’ani dan berkarakter Islami yang Rahmatan lil’alamin.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 373 Sir i
Keywords: Kebijakan; budaya sekolah Islami; kinerja profesional guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:07
Last Modified: 02 Jun 2021 02:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42350

Actions (login required)

View Item
View Item