PUTRI, SASKYA AFIRA (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161143036 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM. 7161143036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 7161143036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
4. NIM. 7161143036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 7161143036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
6. NIM. 7161143036 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 7161143036 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 7161143036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
12. NIM. 7161143036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM. 7161143036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai sebanyak 3 kelasdengan jumlah siswa 102 orangyang sekaligus menjadi
sampel penelitian (total sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter dan komunikasi tidak langsung melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kemudian dianalisis dengan analisis regresi ganda, uji F (simultan) dan koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Disiplin belajar secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X1 (2.943) > t-tabel (1.98) dan p-value (0,004) <0,05 (2)
Lingkungan belajar secaraparsialmemberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X2 (10.771) > t-tabel (1.98)
dan p-value (0,000) <0,05 (3) Disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan memberi pengaruh signifikanterhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan
olehnilai bahwaF-hitung (93.757) > F-tabel (2.69)dan sig-p(0.000) < 0.05 (4) Besarnya pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,647.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin belajar, Lingkungan belajar, dan Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 May 2021 01:44 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42282 |