PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN AJARAN 2019/2020

PUTRI, SASKYA AFIRA (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7161143036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7161143036 COVER.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7161143036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7161143036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7161143036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7161143036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7161143036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7161143036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7161143036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7161143036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7161143036 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7161143036 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7161143036 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7161143036 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7161143036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7161143036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7161143036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7161143036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7161143036 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7161143036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai sebanyak 3 kelasdengan jumlah siswa 102 orangyang sekaligus menjadi
sampel penelitian (total sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter dan komunikasi tidak langsung melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kemudian dianalisis dengan analisis regresi ganda, uji F (simultan) dan koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Disiplin belajar secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X1 (2.943) > t-tabel (1.98) dan p-value (0,004) <0,05 (2)
Lingkungan belajar secaraparsialmemberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X2 (10.771) > t-tabel (1.98)
dan p-value (0,000) <0,05 (3) Disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan memberi pengaruh signifikanterhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan
olehnilai bahwaF-hitung (93.757) > F-tabel (2.69)dan sig-p(0.000) < 0.05 (4) Besarnya pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,647.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Disiplin belajar, Lingkungan belajar, dan Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 29 May 2021 01:44
Last Modified: 19 Sep 2022 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42282

Actions (login required)

View Item
View Item