PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Siregar, Wanti Dahlia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4163331030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4163331030 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4163331030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4163331030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4163331030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4163331030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4163331030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4163331030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4163331030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4163331030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4163331030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4163331030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4163331030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4163331030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4163331030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4163331030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk :1) Mengetahui apakah aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction, 2) Mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction, 3) Mengetahui apakah ada korelasi aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrumen test dan instrument non test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t pihakkanandan uji korelasi atau uji r (product moment). Dari hasil analisa data hasil belajar diperoleh: 1)aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (86,20)lebih tinggi dari pada aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (79,86), 2)hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (83,75)lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (71,94),3)terdapat korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kontribusi aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar adalah 21,92% sedangkan 78,08% disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 101
Keywords: Problem based learning; Asam basa; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 May 2021 21:03
Last Modified: 24 May 2021 21:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42257

Actions (login required)

View Item
View Item