Siregar, Wanti Dahlia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163331030 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. NIM 4163331030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM 4163331030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
4. NIM 4163331030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM 4163331030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 4163331030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
13. NIM 4163331030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM 4163331030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk :1) Mengetahui apakah aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction, 2) Mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction, 3) Mengetahui apakah ada korelasi aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrumen test dan instrument non test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t pihakkanandan uji korelasi atau uji r (product moment). Dari hasil analisa data hasil belajar diperoleh: 1)aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (86,20)lebih tinggi dari pada aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (79,86), 2)hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (83,75)lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (71,94),3)terdapat korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kontribusi aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar adalah 21,92% sedangkan 78,08% disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 101 |
Keywords: | Problem based learning; Asam basa; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 May 2021 21:03 |
Last Modified: | 24 May 2021 21:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42257 |