Ramadhan, Indah (2020) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4161131013 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2 NIM. 4161131013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3 NIM. 4161131013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4 NIM. 4161131013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5 NIM. 4161131013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
9 NIM. 4161131013 BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
13 NIM. 4161131013 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14 NIM. 4161131013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia serta korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa, yang diajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media adobe flash pada materi laju reaksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri dari instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan berganda sebanyak 20 butir soal dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar siswa berupa angket sebanyak 19 butir pernyataan yang telah valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan uji signifikansi korelasi sederhana untuk mengetahui korelasi antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Dari uji gain diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen 0,79 (meningkat 79%) dan kelas kontrol 0,73 (meningkat 73%). Dari uji korelasi antara motivasi dengan hasil belajar siswa diperoleh rhitung > rtabel (0,69 > 0,41), dan pada uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,21053 > 1,67591). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti: 1) terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media adobe flash pada materi laju reaksi, dan 2) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 104 |
Keywords: | Problem based learning; Adobe flash; Motivasi belajar; Hasil belajar; Korelasi; Laju reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2021 00:22 |
Last Modified: | 21 May 2021 00:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42205 |