NAIBAHO, POSMA (2020) PENGARUH INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 SILAEN TA.2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7161143030 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 7161143030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
3. NIM. 7161143030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
4. NIM. 7161143030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM. 7161143030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6. NIM. 7161143030 TABLES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM. 7161143030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 7161143030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 7161143030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
13. NIM. 7161143030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 7161143030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya prestasi siswa dalam mata pelajaran ekonomi, serta kurangnya kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Silaen TA.2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IS di SMA Negeri 1 Silaen TA.2019/2020 yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 47 butir pernyataan. Teknis analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan variabel intensitas perhatian orang tua (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa dengan didapatkan nilai thitung > ttabel (6,057 > 1,983). dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Sama halnya dengan variabel kemandirian belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikansi secara parsial terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (6,926 > 1,983) taraf signifikan α 0,00 < 0,05. Secara simultan variabel intensitas perhatian orang (X1) dan kemandirian belajar (X2) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa. dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana (92,879 > 3,08 )dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Variabel intensitas perhatian orang (X1) dan kemandirian belajar (X2) memberikan pengaruh sebesar 64,6%.terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Intensitas Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 May 2021 19:35 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42197 |