Aleslami, Ibnu Raash (2020) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siwa Kelas VII SMP Muhammadiyah 47 Medan Sunggal. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 815672062 COVER.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2. NIM. 815672062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
3. NIM. 815672062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 815672062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 815672062 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 815672062 TABELS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 815672062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 815672062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
12. NIM. 815672062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM. 815672062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan keefektivan bahan ajar yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan representasi matematis siswa, untuk menganalisis peningkatan kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematika siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, lembar observasi , angket respon siswa, instrumen tes kemampuan penalaran matematis dan tes kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel dengan mengembangkan bahan ajar dengan pendekatan matematika realistik. Berdasarkan hasil validasi nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,81 ,buku siswa sebesar 4,83 dan LKPD sebesar 4,85 , tes kemampuan penalaran matematis siswa dan tes kemampuan representasi matematis telah berada pada kategori valid. Ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,62% yang telah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu ≥85% siswa telah mencapai KKM. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pecahan dilihat dari N-Gain pada uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan yaitu dari 0,36 menjadi 0,50 artinya berada pada kategori sedang. Serta peningkatan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pecahan dilihat dari N-Gain pada uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan yaitu dari 0,43 menjadi 0,50 artinya berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ale p |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Pendekatan Matematika Realistik; Kemampuan Penalaran Matematis; Kemampuan Representasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 May 2021 19:54 |
Last Modified: | 19 May 2021 19:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42173 |