Berutu, Arfiena Fitria (2020) Pengembangan Penuntun Praktikum Terintegrasi Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) - Discovery Learning (DL) Dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA Semester Ganjil. Masters thesis, UNIMED.
1__NIM__8176142002_COVER.PDF - Published Version
Download (39kB) | Preview
2__NIM__8176142002_APPROVAL.PDF - Published Version
Download (775kB) | Preview
3__NIM__8176142002_ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (64kB) | Preview
4__NIM__8176142002_PREFACE.PDF - Published Version
Download (149kB) | Preview
5__NIM__8176142002_TABLE_OF.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
6__NIM__8176142002_TABLES.PDF - Published Version
Download (31kB) | Preview
7__NIM__8176142002_ILLUSTRA.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
8__NIM__8176142002_APPENDIC.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
9__NIM__8176142002_CHAPTER_.PDF - Published Version
Download (236kB) | Preview
13__NIM__8176142002_CHAPTER.PDF - Published Version
Download (58kB) | Preview
14__NIM__8176142002_BIBLIOG.PDF - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Memperoleh buku penuntun praktikum
teritegrasi STEM-DL pada materi kimia kelas XI SMA/MA, (2). Mengetahui
tingkat kelayakan penuntun praktikum teritegrasi STEM-DL menurut standar
BSNP, (3). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan
penuntun praktikum teritegrasi STEM-DL, (4). Mengetahui ketrampilan proses
sains siswa yang menggunakan penuntun praktikum teritegrasi STEM-DL, (5)
Mengetahui korelasi diantara peningkatan hasil belajar dengan keterampilan
proses sains siswa yang menggunakan penuntun praktikum terintegrasi STEM- DL. Penelitian ini menggunakan metode R & D model ADDIE. Populasi
penelitian seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Pancurbatu dengan sampel siswa kelas
XI-MIA 4 dan XI-MIA 5 yang masing-maisng berjumlah 28 siswa. Instrumen
yang digunakan pada penelitian terdiri dari: (1). Angket BSNP yang telah
dimodifikasi, (2). Tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan berganda, (3). Angket keterampilan proses sains siswa. Data hasil penelitian yang diolah dan
dianalisis secara deskriptif dan Statistik uji-t satu pihak menunjukkan: (1).
Penuntun praktikum kimia dari penerbit A dan B yang digunakan di XI SMAN 1
Pancurbatu berturut-turut memiliki nilai rata – rata 2,35 dan 2,70 masing-masing
dengan kriteria kurang layak dan cukup layak untuk dipergunakan. Namun pada
kedua penuntun praktikum tersebut ada beberapa bagian yang memerlukan
perbaikan, (2). Penuntun praktikum terintegrasi STEM-DL memiliki nilai rata rata
3,5 dengan kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia, (3).
Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa eksperimen yang dibelajarkan
menggunakan penuntun praktikum kimia terintegrasi STEM-DL (84,0) lebih
tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan buku
yang ada di Sekolah (78,8), (4). Rata-rata keterampilan proses sains siswa pada
kelas eksperimen (81,2) lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol (71,0), (5).
Korelasi diantara hasil belajar siswa dengan keterampilan proses sains pada siswa
kelas eksperimen lebih tinggi siswa kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Ber p |
Keywords: | Penuntun praktikum; STEM; DL; hasil belajar; keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 May 2021 03:00 |
Last Modified: | 18 May 2021 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42148 |