Rahmayani (2021) Pengembangan Alat Peraga Fluida Dinamis Menggunakan Desain ADDIE di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186175004 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8186175004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 8186175004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 8186175004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8186175004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
6. NIM. 8186175004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 8186175004 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8186175004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8186175004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 8186175004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM. 8186175004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan alat peraga fluida dinamis menggunakan desain ADDIE di SMA, yang bertujuan untuk menganalisis kelayakan, keefektifan dan kepraktisan alat peraga fluida dinamis. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan desain ADDIE adalah : analisis, dengan cara membagikan angket kepada siswa, tahap desain membuat alat peraga fluida dinamis yang menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan, tahap pengembangan dilakukan uji validasi dengan empat orang validator ahli, tahap implementasi yaitu menguji cobakan alat peraga kepada siswa yang telah dibagi dalam kelompok kecil dan kelompok besar, tahap evaluasi dengan cara membagikan soal materi fluida dinamis kepada siswa kelas MIA 2 MAS Ponpes Darul Qur’an. Hasil analisis kebutuhan dan analisis materi diperoleh bahwa alat peraga fluida dinamis dibutuhkan oleh guru dan siswa untuk penunjang aktivitas pembelajaran fisika. Hasil penelitian kelayakan alat peraga berdasarkan validasi ahli materi dengan persentase 97,5% dan persentase validasi ahli media 87,5% dengan kategori sangat layak. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa alat peraga fluida dinamis efektif dengan persentase 90% dengan kategori sangat efektif. Kepraktisan alat peraga dengan kategori sangat praktis dari respon siswa memperoleh persentase 93,80%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 532.72 Rah p |
Keywords: | Pengembangan; alat peraga; fluida dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 May 2021 20:12 |
Last Modified: | 17 May 2021 20:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42135 |