PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN CRITICAL THINKING, CREATIVE THINKING, COLLABORATION & COMMUNICATION (4C) SISWA DI SMA

Panjaitan, Dita Trisna (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN CRITICAL THINKING, CREATIVE THINKING, COLLABORATION & COMMUNICATION (4C) SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161121005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161121005 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161121005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161121005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161121005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161121005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161121005 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161121005 BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161121005 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161121005 BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration& communication (4c) siswa di SMA dengan pokok bahasan Alat Optik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2019/2020. Teknik pemilihan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model project based learning yang terdiri dari 25 siswa dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan berfikir kritis
dan kreatif yaitu tes berbentuk essay sebanyak 10 soal. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan kolaborasi dan komunikasi yaitu berbentuk lembar observasi. Sebelum pembelajaran dilakukan diberikan pretes yang tujuannya melihat kesamaan kemampuan awal hasil belajar siswa. Pada hasil pretest dilakukan uji hipotesis dua pihak dengan uji manova dengan syarat normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji manova kemampuan awal keterampilan 4C pada kedua kelas adalah sama. Setelah pretest maka dilakukan perlakuan pada kedua kelas. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, peneliti memberikan postest. Hasil postest dilakukan uji manova terdapat perbedaan yang signifikan, yang berarti ada
pengaruh dari model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration & communication (4C) siswa di SMA N 1 Kisaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 058
Keywords: Project based learning; Berpikir kritis; Berpikir kreatif; Keterampilan kolaborasi; Keterampilan komunikasi; Alat optik; Pemantulan cahaya; Pembiasan cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2021 20:16
Last Modified: 16 May 2021 20:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42102

Actions (login required)

View Item
View Item