Panjaitan, Dita Trisna (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN CRITICAL THINKING, CREATIVE THINKING, COLLABORATION & COMMUNICATION (4C) SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161121005 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 4161121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
3. NIM 4161121005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM 4161121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5. NIM 4161121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM 4161121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM 4161121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 4161121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration& communication (4c) siswa di SMA dengan pokok bahasan Alat Optik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2019/2020. Teknik pemilihan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model project based learning yang terdiri dari 25 siswa dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan berfikir kritis
dan kreatif yaitu tes berbentuk essay sebanyak 10 soal. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan kolaborasi dan komunikasi yaitu berbentuk lembar observasi. Sebelum pembelajaran dilakukan diberikan pretes yang tujuannya melihat kesamaan kemampuan awal hasil belajar siswa. Pada hasil pretest dilakukan uji hipotesis dua pihak dengan uji manova dengan syarat normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji manova kemampuan awal keterampilan 4C pada kedua kelas adalah sama. Setelah pretest maka dilakukan perlakuan pada kedua kelas. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, peneliti memberikan postest. Hasil postest dilakukan uji manova terdapat perbedaan yang signifikan, yang berarti ada
pengaruh dari model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration & communication (4C) siswa di SMA N 1 Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 058 |
Keywords: | Project based learning; Berpikir kritis; Berpikir kreatif; Keterampilan kolaborasi; Keterampilan komunikasi; Alat optik; Pemantulan cahaya; Pembiasan cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 May 2021 20:16 |
Last Modified: | 16 May 2021 20:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42102 |