Simanjuntak, Luciana (2021) Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Di Kelas IV SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182026 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 8176182026 LEMBARAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM. 8176182026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8176182026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 8176182026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6.NIM. 8176182026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7.NIM. 8176182026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM. 8176182026 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
12.NIM. 8176182026 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. NIM. 8176182026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model project based learning dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) Mengetahui interaksi antara model project based learningdan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan yang berjumlah 50 orang. Kelas IV/a sebanyak 25 siswa dan IV/b sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner motivasi belajar dan instrumen tes hasil belajar PPKn.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 > 0,05); (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 > 0,05); (3) Terdapat interaksi antara model project based learning dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001> 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sim p |
Keywords: | Model project based learning; motivasi belajar; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 May 2021 23:06 |
Last Modified: | 09 May 2021 23:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42081 |