Hasanah, Frensi (2021) Pengembangan bahan ajar kimia materi struktur atom terintegrasi model pembelajaran discovery untuk siswa SMK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176142011 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8176142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
3. NIM. 8176142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8176142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 8176142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8176142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8176142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 8176142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 8176142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM. 8176142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 8176142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar untuk mata pelajaran kimia Sekolah Menenngah Kejuruan dan penilaian hasil belajar pada materi struktur atom sesuai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Sekolah Menenngah Kejuruan, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar terintegrasi model pembelajaran discovery dengan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan buku pegangan siswa yang disediakan sekolah pada materi sturktur atom. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development). Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kejuruan Teknik Bisnis Sepeda Motor yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar uji kelayakan bahan ajar berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis menggunakan uji pihak kanan dan angket motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar kimia materi struktur atom terintegrasi model pembelajaran discovery untuk siswa SMK dengan yang dibelajarkan menggunakan buku yang dipergunakan siswa. Pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 83%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa di kelas kontrol diperoleh sebesar 66%. Jadi, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 17%. Dengan menggunakan SPSS Windows 22 diperoleh hasil korelasi terhadap penelitian dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka hubungan antara motivasi dengan hasil belajar berkolerasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara motivasi siswa tehadapap peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar kimia teritegrasi model pembelajaran discovery untuk siswa SMK pada materi struktur atom.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Has p |
Keywords: | bahan ajar terintegrasi model pembelajaran discovery; penelitian dan pengembangan; motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 08:21 |
Last Modified: | 05 May 2021 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42073 |