Tanjung, Nurlenni Permatasari (2021) PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN TAPIAN NAULI KABUPATEN TAPANULI TENGAH T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1163111053_COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 1163111053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 1163111053_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 1163111053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 1163111053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. NIM. 1163111053_BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 1163111053_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 1163111053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 di Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru SD pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 di Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 121 guru SDN yang berada di Kecamatan Tapian Nauli. Sampel pada penelitian ini adalah SDN 156476 Tapian Nauli 2A, SDN 153006 Tapian Nauli 2B, SDN 152993 Tapian Nauli 3A, dan SDN 152994 Tapian Nauli 3B, yang keseluruhan berjumlah 40 orang guru. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi guru SD pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 di Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah tergolong Baik dengan rata-rata skor jawaban yaitu 3,13. Dengan persentase indikator koginitif yaitu sebesar 38,33% untuk opsi Selalu, jumlah rata-rata persentase sebesar 47,91% untuk opsi Sering, jumlah rata-rata persentase sebesar 13,33% untuk opsi Kadang-Kadang, dan jumlah rata-rata persentase sebesar 0,41% untuk opsi Tidak Pernah. Dari indikator afektif yaitu jumlah rata-rata persentase sebesar 21%, untuk opsi selalu, sebesar 45,5% untuk opsi sering, untuk
opsi kadang-kadang sebesar 24%, dan untuk opsi tidak pernah sebesar 9,5%. Dari indikator konatif diperoleh jumlah rata-rata persentase sebesar 39,44% untuk alternatif jawaban Selalu, alternatif jawaban sering diperoleh jumlah rata-rata persentase sebesar 46,6%, alternatif jawaban Kadang-Kadang diperoleh jumlah rata-rata persentase sebesar 13,88%, dan alternatif jawaban Tidak Pernah sebesar 0%. Berdasarkan analisis jawaban tiap indikator dapat dilihat bahwa persepsi guru pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 PGSD 068 |
Keywords: | Persepsi guru; Pembelajaran tematik; Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 04 May 2021 12:06 |
Last Modified: | 09 May 2021 21:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42054 |