PENGEMBANGAN WEBSITE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATERI LAJU REAKSI

Tambunan, Crisye Efendi (2021) PENGEMBANGAN WEBSITE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172131002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172131002 COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172131002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172131002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172131002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172131002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172131002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172131002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172131002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172131002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172131002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172131002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172131002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan pengembangan website sebagai media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran online pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian berdasarkan problem based learning, dan kelayakan kegrafikan website sebagai media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran online pada materi laju reaksi yang dikembangkan berdasarkan
standar BSNP. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan, SMA Swasta Sultan Iskandar Muda, dan SMA Swasta Katolik Trisakti Medan pada. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang ditetapkan pada penelitian ini adalah dosen Kimia Universitas Negeri Medan sebanyak tiga orang, dosen Ilmu Komputer Universitas Negeri Medan sebanyak
satu orang, dan guru bidang studi Kimia SMA Swasta Sultan Iskandar Muda, SMA Swasta Katolik Trisakti Medan, dan SMA Negeri 11 Medan masing-masing sebanyak satu orang. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini mengacu pada model R&D dengan desain instruksional 3D, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (devevelope). Kelayakan kegrafikan website memperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,77
kriteria sangat layak, dan rata-rata skor kelayakan isi sebesar 3,52 kriteria sangat layak, kelayakan bahasa sebesar 3,70 kriteria sangat layak, dan kelayakan penyajian sebesar 3,75 kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 044
Keywords: Website; Problem based learning; Laju reaksi; Media pembelajaran; Pembelajaran online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 May 2021 02:45
Last Modified: 05 May 2021 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42045

Actions (login required)

View Item
View Item