PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA UNTUK MEMBELAJARKAN MATERI FISIKA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA

Jakpar, Muhammad (2013) PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA UNTUK MEMBELAJARKAN MATERI FISIKA KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809215017 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809215017 Judul.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809215017 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809215017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809215017 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809215017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809215017 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809215017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809215017 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809215017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809215017 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809215017 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809215017 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809215017 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809215017 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809215017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809215017 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809215017 Bab I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809215017 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809215017 Bab V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809215017 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809215017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan buku ajar yang layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan buku ajar yang dikembangkan pada mata pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, tahap I merupakan uji coba produk yang terdiri dari : (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas; tahap II merupakan uji efektivitas produk dengan cara : (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian dan (4) menghitung nilai efektiivtas buku ajar yang dikembangkan. Subjek uji coba terdiri dari empat ahli materi pelajaran fisika, empat ahli desain pembelajaran, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil dan 52 orang siswa untuk uji lapangan terbatas. Data – data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskripfif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ; (1) uji ahli materi pelajaran fisika berada pada kualifikasi sangat baik (94,26%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (96,87 %),(3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (81,25), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (81%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (89,2 %) dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (81,97 %). Produk akhir dari pengembangan buku ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 52 orang siswa yang terdiri dari 26 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan buku ajar dan 26 orang siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh = 5,16 > =2,0105, dengan dk =( ) pada taraf signifikansi . Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar sebesar 76,53 % lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks sebesar 67,88 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Jak p
Keywords: Buku ajar; Media cetak; Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 May 2016 18:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item
View Item