Chairunnisa (2021) Analisis Kesulitan Spasial Ability Siswa Berdasarkan Level Van Hiele Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smk Bima Utomo. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172009 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM. 8166172009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 8166172009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM. 8166172009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 8166172009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 8166172009 TABELS.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 8166172009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM. 8166172009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
12. NIM. 8166172009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. NIM. 8166172009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kemampuan spasial siswa dalam level Van Hiele dalam pembelajaran Berbasis masalah. (2) mengetahui letak kesulitan siswa dalam pemecahan masalah daya ruang dengan level Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Bima Utomo Batang Kuis. Objek penelitian ini adalah kemampuan spasial berdasarkan level Van Hiele dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan spasial kategori rendah mencapai 51,4%, sedangkan kategori sedang mencapai 34,3%, dan kategori tinggi mencapai 14,3%. Subjek pada kategori rendah mengalami kesulitan keterampilan Subjek S.01 (spatial ability rendah), pada Level 1 mengalami kesulitan keterampilan (soal nomor 1) dan kesulitan konsep (soal nomor 4), pada Level 2 mengalami kesulitan keterampilan, pada Level 3 dan Level 4 mengalami kesulitan prinsip. Subjek S.02 (spatial ability rendah), mengalami kesulitan keterampilan pada Level 2 serta mengalami kesulitan prinsip pada Level 3 dan Level 4. Subjek S.03 (spatial ability sedang), mengalami kesulitan prinsip pada Level 3 dan Level 4. Subjek S.04 (spatial ability sedang), mengalami kesulitan keterampilan pada Level 3 dan mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Subjek S.05 (spatial ability tinggi), mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Subjek S.06 (spatial ability tinggi), mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pengguna, peneliti maupun guru lainnya untuk melakukan penelitian yang sama terkait analisis kesulitan spatial ability siswa berdasarkan level Van Hiele untuk menerapkan metode/model pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.73 Cha a |
Keywords: | Kemampuan Spasial; Van Hiele; Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 04:00 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42035 |