PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERNET BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP CHANDRA KUSUMA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rita (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERNET BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP CHANDRA KUSUMA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106122077 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106122077 Judul.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106122077 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106122077 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106122077 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106122077 Abstrak.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106122077 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106122077 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106122077 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106122077 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106122077 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106122077 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106122077 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106122077 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106122077 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106122077 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106122077 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106122077 Bab I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106122077 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106122077 Bab V.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106122077 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106122077 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis internet yang layak digunakan, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran indovidual, (2) untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbasis internet yang dikembangkan pada mata pelajaran bahasa inggris.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan carey. Model ini meliputi enam tahapan, yakni : studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Validasi ahli terdiri dari dua ahli materi mata pelajaran bahasa inggris, dua ahli desain pembelajaran dan dua ahli rekayasa perangkat lunak. Subyek uji coba terdiri dari tiga sisa untuk uji perorangan, Sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan lima puluh delapan siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi mata pelajaran bahasa inggris berada pada kualifikasi sangat baik (93,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (88,55%), (3) uji ahli rakayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (94,10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,43%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (93,63%), dan (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97,96%).Produk akhir dari pengembangan multimedia interaktif berbasis internet ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian ini dilakukan pada siswa semester genap kelas VIII SMP Swasta Chandra Kusuma Deliserdang tahun pelajaran 2012-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 58 siswa yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan multimedia interaktif berbasis internet dan 29 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis internet dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,33 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk 56 diperoleh ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, efektifitas penggunaan multimedia interaktif = 80,46%. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis internet sebesar 80,46% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks sebesar 71,72%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Rit p
Keywords: Teknologi pendidikan; Media pembelajaran; Media cetak; Multimedia interaktif; Audio; Internet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 May 2016 18:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item
View Item