Tobing, Flora Miranti L. (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116122006 Judul.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. 8116122006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
3. 8116122006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
4. 8116122006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. 8116122006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. 8116122006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. 8116122006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. 8116122006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. 8116122006 Bab I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
10. 8116122006 Bab V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
11. 8116122006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (2) Mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa terhadap hasil belalajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah 102 orang yang berasal dari tiga kelas yaitu kelas XI (sebelas) IPS SMA Negeri 3 Medan, sedangkan sampel seluruhnya 67 orang yang terdiri dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kemampuan berpikir logis untuk membedakan jenis kemampuan berpikir logis yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang diujicobakan, sebanyak 39 saja yang memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar Akuntansi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 29,56 dan Ftabel = 3,968 untuk taraf signifikansi dengan derajat dk (1,76). (2) hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa dengan kemampuan berpikir logis rendah. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 4,47 dan Ftabel = 3,968 untuk taraf signifikansi dengan derajat dk (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Akuntansi. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 9,88 dan Ftabel = 3,968 untuk taraf signifikansi dengan derajat dk (1,76). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi, strategi pembelajaran berbasis masalah tepat digunakan bagi siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah lebih efektif dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Tob p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Berpikir kritis; Akuntansi; Ekspositori; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4201 |