Rosmaini KETERBACAAN BUKU TEKS. -.
Keterbacaan buku teks.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Buku teks merupakan buku pendidikan yang berisi uraian tentang bidang studi tertentu, disusun secara sistematis, dan digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Buku teks merupakan alat bantu siswa untuk memahami hal-hal yang dibaca dan untuk memahami dunia di luar dirinya, sehingga dapat mempengaruhi pengetahuan anak dan nilai-nilai tertentu. Buku teks tidak hanya ditujukan kepada siswa, tetapi juga digunakan oleh guru sebagai sumber dalam mengajar atau sebagai sarana dalam menyampaikan materi yang diberikan kepada siswa. Keberadaan buku teks sangat fungsional, baik bagi kelancaran pengelolaan kelas bagi guru, siswa, maupun orang tua. Jadi, dalam penyusunan buku teks harus diperhatikan unsur-unsur kebahasaan yang terkait dengan aspek keterbacaan. Keterbacaan (readability) adalah seluruh unsur yang ada dalam teks (termasuk di dalamnya interaksi antarteks) yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembaca dalam memahami materi yang dibacanya pada kecepatan membaca yang optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Buku teks; Keterbacaan; Tes cloze |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 10:18 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 10:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/420 |