PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN T.P. 2019 - 2020

SEMBIRING, SRI MENTARI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN T.P. 2019 - 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7161142032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7161142032 COVER.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 7161142032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 7161142032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7161142032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7161142032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7161142032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7161142032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7161142032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7161142032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7161142032 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7161142032 TABLES.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7161142032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7161142032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7161142032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7161142032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7161142032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7161142032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7161142032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7161142032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7161142032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7161142032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan langkah penelitian berupa Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini terdiri atas satu ahli materi, satu ahli media, satu praktisi pembelajaran sebagai validator media, dan siswa kelas X Akuntansi SMK Raksana 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 berbentuk media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X SMK RAKSANA 2 MEDAN; (2) kelayakan dari segi ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran akuntansi terhadap media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash berbentuk media pembelajaran interaktif; (3) mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 berbentuk media pembelajaran interaktif.
Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Tahap analysis meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru, dan analisis kebutuhan siswa. Tahap design meliputi pembuatan flowchart,storyboard, penyusunan materi dan pembuatan kisi-kisi instrument angket penilaian produk. Tahap development meliputi pembuatan produk media pembelajaran interaktif, validasi ahli materi, validasi ahli media, dan praktisi pembelajaran, serta revisi media pembelajaran dari ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran akuntansi. Tahap implementation dilakukan tiga siklus yaitu uji coba perorangan yang melibatkan 4 orang siswa, uji coba kelompok kecil yang melibatkan 10 orang siswa dan uji coba Lapangan yang melibatkan 40 orang siswa.(2) Media Pembelajaran Interaktif ini layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 95% (Sangat Layak), b) Ahli media diperoleh persentase 95% (Sangat Layak), dan c) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh persentase 98% (Sangat Layak). (3) Respon/penilaian siswa terhadap media pada ujicoba perorangan diperoleh persentase 87,87% (Sangat Layak), ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 96% (Sangat Layak), dan ujicoba lapangan diperoleh persentase 98% (Sangat Layak).maka produk media pembelajaran interaktif pada materi Jurnal Penyesuaian Layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X Ak SMK Raksana 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Model Pengembangan ADDIE, Kelayakan, Respon Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Apr 2021 15:42
Last Modified: 30 Apr 2021 15:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41999

Actions (login required)

View Item
View Item