Sipayung, Jepri (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122047 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 8106122047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3. 8106122047 Abstrak.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. 8106122047 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. 8106122047 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. 8106122047 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. 8106122047 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. 8106122047 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. 8106122047 Bab I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
10. 8106122047 Bab V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
11. 8106122047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menemukan model pembelajarn e-learning pada mata pelajaran kimia yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran e-learning yang dikembangkan pada mata pelajaran Kimia.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi 5 tahapan, yakni : perencanaan/desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi dan produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari tiga ahli materi pelajaran kimia, satu ahli desain pembelajaran, tiga ahli rekayasa perangkat lunak, tiga siswa uji perorangan, duabelas siswa uji kelompok kecil, dan empat puluh siswa untuk uji lapangan. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan : (1) uji ahli materi pelajaran kimia berada pada kualifikasi sangat baik (93,5%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikas sangat baik (92,5%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (87%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (87%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi baik (78,5%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi baik (79%).Produk akhir dari pengembangan model pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pad siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2012-2013 di SMA Swasta Methodis 1 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan membandingkan hasil belajar tes awal dan tes akhir. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa.Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa tes awal dengan tes akhir. Hal ini ditunjukan dengan hasil pengolahan data thitung 28,30, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk pembanding (40-1=39) ttabel = 2,021. Disimpulkan bahwa model pembelajaran ELearning yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar Kimia siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Sip p |
Keywords: | Model pembelajaran; E-learning; Kimia |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4199 |