SARI, DESTY INDAH WARA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL 1 SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7152142002 COVER.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
2. NIM. 7152142002 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7152142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
4. NIM. 7152142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
5. NIM.7152142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (987kB) | Preview
6. NIM. 7152142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7. NIM. 7152142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
8. NIM. 7152142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
9. NIM. 7152142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM.7152142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
14. NIM. 7152142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi kelas XI AK 1 SMK Swasta Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan metode resitasi di kelas XI AK 1 SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi yang beralamat di Jalan Pertiwi No. 116, Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan metode Resitasi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi pemahaman konsep siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari hasil penelitian, pemahaman konsep siswa pada siklus I terdapat 16 siswa (53,33%) yang termasuk dalam kriteria paham. Pada siklus II siswa yang termasuk kriteria paham meningkat menjadi 26 siswa (86,67%). Dari hasil analisis data tes hasil belajar diperoleh data dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 65,87 dengan siswa yang tuntas 9 siswa (30%) dan post test dengan nilai rata-rata yaitu 77,2 dengan siswa yang tuntas 17 siswa (56,7%) dan meningkat di hasil post test siklus II dengan nilai rata-rata 85,67 dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (90%). Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan metode Resitasi dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI AK 1 SMK Swasta Jambi Medan tahun pembelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Jurnal Penyesuaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script, Metode Resitasi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 04:53 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41958 |