Nurdalilah (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116172013 Judul.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. 8116172013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
3. 8116172013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. 8116172013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. 8116172013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. 8116172013 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8116172013 Bab V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
8. 8116172013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian eksperimen semu ini menyelidiki perbedaan: (1) Kemampuan penalaran matematika pada pendekatan PBM dan pembelajaran secara konvensional, (2) Kemampuan pemecahan masalah pada pendekatan PBM dan pembelajaran secara konvensional, (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran matematika, (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes kemampuan penalaran matematika, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah. Pokok bahasan yang diajarkan adalah trigonometri dan tes berbentuk uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kualuh Selatan, sampel eksperimen berjumlah 37 orang dan sampel kontrol berjumlah 37 orang siswa. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Diperoleh rata-rata tes kemampuan penalaran matematika kelas eksperimen 11,87 dan rata-rata tes kemampuan penalaran matematika kelas kontrol 10,15. Rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 32,85 dan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol 26,92. Setelah dilakukan uji-t diperoleh t hitung pada kemampuan penalaran matematika 3,563 dan t hitung pada kemampuan pemecahan masalah 7,179.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nur p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Pembelajaran konvensional; Penalaran matematika; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 20:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4194 |