PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN

Nurdalilah (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116172013 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116172013 Judul.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116172013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116172013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116172013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116172013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116172013 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116172013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116172013 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116172013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116172013 Bab I.pdf]
Preview
Text
6. 8116172013 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116172013 Bab V.pdf]
Preview
Text
7. 8116172013 Bab V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116172013 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. 8116172013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian eksperimen semu ini menyelidiki perbedaan: (1) Kemampuan penalaran matematika pada pendekatan PBM dan pembelajaran secara konvensional, (2) Kemampuan pemecahan masalah pada pendekatan PBM dan pembelajaran secara konvensional, (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran matematika, (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes kemampuan penalaran matematika, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah. Pokok bahasan yang diajarkan adalah trigonometri dan tes berbentuk uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kualuh Selatan, sampel eksperimen berjumlah 37 orang dan sampel kontrol berjumlah 37 orang siswa. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Diperoleh rata-rata tes kemampuan penalaran matematika kelas eksperimen 11,87 dan rata-rata tes kemampuan penalaran matematika kelas kontrol 10,15. Rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 32,85 dan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol 26,92. Setelah dilakukan uji-t diperoleh t hitung pada kemampuan penalaran matematika 3,563 dan t hitung pada kemampuan pemecahan masalah 7,179.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Nur p
Keywords: Pemecahan masalah; Pembelajaran konvensional; Penalaran matematika; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 May 2016 20:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4194

Actions (login required)

View Item
View Item