ALAWIYAH, NURULLIZA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BM SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7161142026 COVER.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
2. NIM 7161142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7161142026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (843kB) | Preview
4. NIM 7161142026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
5. NIM 7161142026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
6. NIM 7161142026 TABLES.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7. NIM 7161142026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
8. NIM 7161142026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
9. NIM 7161142026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7161142026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
14. NIM 7161142026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu kelas X Akuntansi 1 (33 orang) dan X Akuntansi 2 (33 orang). Jadi, total sampel adalah 66 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Tes yang diberikan pada sampel adalah tes standar yang validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda tes tidak perlu diuji lagi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menghitung nilai mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan
Uji-t.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre test kelas eksperimen adalah 37,879 dengan standar deviasi 5,308 dan kelas kontrol 36,515 dengan standar deviasi 5,658. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 83,485 dengan standar deviasi 5,374 dan kelas kontrol 65,303 dengan standar deviasi 5,440. Hasil uji t diperoleh hasil thitung sebesar 13,658 sedangkan ttabel sebesar
0,0014 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (13,658 > 0,0014) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran CORE lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 06:42 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41885 |