SIADARI, GRACE (2020) PENGARUH KURIKULUM BERBASIS KKNI, DAN MANAJEMEN WAKTU, TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2016. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7161141013 COVER.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
2. NIM 7161141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
3. NIM 7161141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (824kB) | Preview
4. NIM 7161141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
5. NIM 7161141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
6. NIM 7161141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
7. NIM 7161141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
8. NIM 7161141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM 7161141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
13. NIM 7161141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (945kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “banyaknya pemberlakuan jenis tugas dalam kurikulum berbasis KKNI dan manajemen waktu sehingga berdampak terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2016
Universitas Negeri Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kurikulum berbasis KKNI dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2016 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medandengan populasi sebanyak 121 orang mahasiswa dan sampel berjumlah 93 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik Cluster Sampling. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa kurikulum berbasis KKNI dan manajemen waktu berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dilihat dari hasil analisis linier berganda diperoleh persamaan Y = 50,004 + 0,179 X1 + 0,339 X2 + e. Dari persamaan tersebut nilai konstan 50,004, artinya jika kurikulum berbasis KKNI (X1), dan manajemen waktu (X2) sebesar 0, maka prestasi belajar mahasiswa (Y) akan bernilai sebesar 50,004. Selanjutnya nilai koefisien kurikulum berbasis KKNI X1 adalah sebesar 0,179 artinya
apabila kurikulum berbasis KKNI (X1) mengalami kenaikan sebesar 1%, maka prestasi belajar (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,179. Kemudian nilai koefisien manajemen waktu X2 adalah sebesar 0,339 artinya apabila manajemen waktu (X2) mengalami kenaikan sebesar 1%, maka prestasi belajar (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,339 dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Secara simultan (uji f), parsial (uji t), serta uji Asumsi Klasik sudah memenuhihasil uji. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah nilai (R2) sebesar 0,581. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kurikulum berbasis KKNI dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2016 Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum Berbasis KKNI, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:33 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41860 |