Zakiyatunnur (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116171023 Judul.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. 8116171023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
3. 8116171023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4. 8116171023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. 8116171023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. 8116171023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. 8116171023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. 8116171023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. 8116171023 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116171023 Bab V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
11. 8116171023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Dalam penelitian ini disusun perangkat pembelajaran dan instrumen yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku pegangan guru dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS), tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket respon siswa yang sudah divalidasi oleh para ahli. Perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik dibatasi pada buku pegangan guru dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VII SMP NEGERI 29 Medan. Sampel diambil dari kelas VII-6 dan VII-7 sebanyak 38 orang. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis disimpulkan berdasarkan pada: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,84% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria batasan keefektifan; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yaitu diketahui dari rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba I yaitu 0,61 meningkat menjadi 0,65 pada ujicoba II dan (3) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik adalah positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Zak p |
Keywords: | Matematika realistik; Komunikasi matematis; Bahan ajar; Model penelitian pengembangan; Buku pegangan guru; Lembar aktivitas siswa; Respon; Silabus |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4183 |