Simanjuntak, Sahata Pardomuan (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Sasis dan pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5163322012 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 5163322012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3. NIM 5163322012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM 5163322012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 5163322012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 5163322012 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 5163322012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM 5163322012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 5163322012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. NIM 5163322012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14. NIM 5163322012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk SMK kelas XI Teknik Kendaraan Ringan pada kompetenti dasar Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, (2) mengetahui penilian ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, media dan hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Medan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket.
Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembanagan four-D. Adapun tahapan tersebut yaitu: Define, Design, Develop, Disseminate. Tahap Define meliputi analisis kebutuhan. Tahap Design meliputi tahap desain produk yang dikembangkan. Tahap Develop meliputi kegiatan untuk memvalidasi atau menilai kelayakan rancangan produk dan kegiatan uji coba rancangan produk. Tahap Disseminate meliputi kegiatan mengempletasikan pada sasaran sesungguhnya. (2) Hasil penilaian ahli materi pada aspek tujuan pembelajaran mendapat rerata skor 4,33 dengan kategori Sangat Layak, aspek materi mendapat rerata skor 4,25 dengan kategori Sangat Layak, aspek konten materi mendapat rerata skor 4,26 dengan kategori Sangat Layak, dan aspek self evaluation mendapat rerata skor 4,16 dengan kategori Sangat Layak. Hasil penilaian ahli media pada aspek manfaat media mendapat rerata skor 3,83 dengan kategori Sangat Layak, aspek desain media mendapat rerata skor 3,76 dengan kategori Sangat Layak, dan aspek navigasi/pengoperasian media mendapat rerata skor 3,9 dengan kategori Sangat Layak. (3) Hasil uji coba terhadap siswa dengan pre tes dan post tes untuk hasil belajar mendapat presentase dari 15,15% menjadi 75,75% siswa yang nilai hasil belajar diatas KKM. (4) Kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli materi adalah 4,25 dengan kategori Sangat Layak, ahli media adalah 3,83 dengan kategori Sangat Layak. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Adobe Flash layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas XI TKR 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; siswa kelas XI TKR 2; Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 02:48 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41765 |