Upaya Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Kendala Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kec. Secanggang Kab. Langkat

Putri, Risya Dwi (2021) Upaya Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Kendala Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kec. Secanggang Kab. Langkat. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1163311085_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1163311085_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1163311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1163311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1163311085_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1163311085_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1163311085_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1163311085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1163311085_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1163311085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1163311085_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1163311085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1163311085_BAB I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1163311085_BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 1163311085_BAB V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 1163311085_BAB V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1163311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1163311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan berdasarkan fakta yang peneliti peroleh dari hasil
observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN di Desa Telaga Jernih Kec.
Secanggang . Permasalahan yang dihadapi oleh kedua sekolah yang terdapat pada
Desa Telaga Jernih tersebut adalah sarana dan prasarana, proses pembelajaran,
perannorang tua, dan lingkungan belajar siswa pada saat pembelajaran daring
yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19. Berdasarkan permasalahan
tersebut peneliti menganalisis Upaya Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi
Kendala Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kec. Secanggang
Kab. Langkat
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri di Desa Telaga Jernih Kecamatan
Secanggang yang terhitung pada bulan Oktober hingga Desember. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar di SDN di Desa Telaga
Jernih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa implementasi
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 memiliki beragam kendala terkait
sarana prasana internet, proses pembelajaran, peran guru dan orang tua, serta
lingkungan belajar siswa. Permasalahan terkait sarana prasarana internet berupa
jaringan internet yang kurang stabil dan siswa yang tidak memiliki gadget, terkait
proses pembelajaran berupa penyampaian materi pelajaran melalui aplikasi,
terkait peran guru dan orang tua berupa keterbatasan waktu dan kurangnya
pengawasan, terkait lingkungan belajar siswa berupa rumah yang tidak
kondusif. Beragam kendala tersebut dapat diatasi dengan pihak sekolah
bekerjasama dengan orang tua dalam menyediakan wifi, saling meminjamkan
gadget, membentuk kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Daring; Guru SD; Pandemi Covid-19; Kendala; Internet; Gadget
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:49
Last Modified: 16 Apr 2021 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41758

Actions (login required)

View Item
View Item