Putri, Risya Dwi (2021) Upaya Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Kendala Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kec. Secanggang Kab. Langkat. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311085_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1163311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 1163311085_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 1163311085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 1163311085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 1163311085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1163311085_BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
11. NIM. 1163311085_BAB V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
12. NIM. 1163311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di lakukan berdasarkan fakta yang peneliti peroleh dari hasil
observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN di Desa Telaga Jernih Kec.
Secanggang . Permasalahan yang dihadapi oleh kedua sekolah yang terdapat pada
Desa Telaga Jernih tersebut adalah sarana dan prasarana, proses pembelajaran,
perannorang tua, dan lingkungan belajar siswa pada saat pembelajaran daring
yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19. Berdasarkan permasalahan
tersebut peneliti menganalisis Upaya Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi
Kendala Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kec. Secanggang
Kab. Langkat
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri di Desa Telaga Jernih Kecamatan
Secanggang yang terhitung pada bulan Oktober hingga Desember. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar di SDN di Desa Telaga
Jernih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa implementasi
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 memiliki beragam kendala terkait
sarana prasana internet, proses pembelajaran, peran guru dan orang tua, serta
lingkungan belajar siswa. Permasalahan terkait sarana prasarana internet berupa
jaringan internet yang kurang stabil dan siswa yang tidak memiliki gadget, terkait
proses pembelajaran berupa penyampaian materi pelajaran melalui aplikasi,
terkait peran guru dan orang tua berupa keterbatasan waktu dan kurangnya
pengawasan, terkait lingkungan belajar siswa berupa rumah yang tidak
kondusif. Beragam kendala tersebut dapat diatasi dengan pihak sekolah
bekerjasama dengan orang tua dalam menyediakan wifi, saling meminjamkan
gadget, membentuk kelompok belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Daring; Guru SD; Pandemi Covid-19; Kendala; Internet; Gadget |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 07:49 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41758 |