Simbolon, Mangatur Parsaoran (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KERJA KERAS SERTA HASIL BELAJAR PADA PENGAJARAN LARUTAN DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142011 Judul.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. 8116142011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. 8116142011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. 8116142011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. 8116142011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. 8116142011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 8116142011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8116142011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8116142011 Bab I.pdf - Published Version
Download (786kB) | Preview
10. 8116142011 Bab V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
11. 8116142011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menentukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kimia, karakter kemandirian, dan karakter kerja keras siswa pada materi kimia larutan di SMA. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri yang memiliki kurikulum, materi ajar, tingkat kelas yang sama. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposif, yaitu SMA Negeri 1 Balige dan SMA Negeri 1 Laguboti masing-masing sebanyak 3 kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran dengan model pembelajaran-1, kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran dengan model pembelajaran-2 dan kelas eksperimen 3 diberi pembelajaran dengan model pembelajaran-3. Teknik analisis data menggunakan one way Anova dengan SPSS 19 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran-1 dan model pembelajaran-2 serta model pembelajaran-3 pada materi Kimia Larutan, (2) Terdapat perbedaan karakter kemandirian siswa yang diajar dengan model model pembelajaran-1 dan model pembelajaran-2 serta model pembelajaran-3, (3) Terdapat perbedaan karakter kerja keras siswa yang diajar dengan model model pembelajaran-1 dan model pembelajaran-2 serta model pembelajaran-3, (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter kemandirian dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran-3, (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter kerja keras dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran-1 dan model pembelajaran-3, (6) Hasil belajar, karakter kemandirian, dan karakter kerja keras siswa yang diajar dengan model pembelajaran-3 jauh lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.340 712 Sim p |
Keywords: | Mind mapping; Kerja keras; Pendidikan karakter; Direct instruction; Kemandirian; Kimia; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 23:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4175 |