Rahmatunnisa, Rahma (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dan Kemampuan Kognitif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182076 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8156182076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM 8156182076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM 8156182076 ACKNOWL EDGEMENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM 8156182076 TABL E OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
6. NIM 8156182076 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. NIM 8156182076 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM 8156182076 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
9. NIM 8156182076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
13. NIM 8156182076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
14. NIM 8156182076 REFFERENCE.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru yaitu pembelajaran didominasi oleh guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru mengakibatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara anak yang diberi model pembelajaran Make a Match berbasis kreativitas dengan anak yang diberi model pembelajaran Make a Match Anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh; (2) Perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara anak yang memiliki kemampuan kognitif tinggi dengan anak yang memiliki kemampuan kognitif rendah Anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Ace; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran Make a Match dengan kemampuan kognitif anak terhadap kemampuan mengenal konsep anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah anak kelas B1, B2, B3, di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh dan sampel penelitian ini adalah kelas B1 sebanyak 28 anak untuk kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Make a Match berbasis kreativitas dan kelas kontrol kelas B2 sebanyak 28 anak yang diajarkan dengan Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang mendapatkan pembelajaran Make A Match berbasis kreativitas sebesar 44,96 lebih besar dari pada anak yang mendapatkan pembelajaran Make A Match sebesar 34,64; (2) Dapat diketahui bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak diajar dengan menggunakan kemampuan kognitif tinggi memperoleh nilai rata – rata = 46,89, sedangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang menggunakan kemampuan kognitif rendah memperoleh nilai rata – rata = 33,21; dan (3) Kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang diajar dengan pembelajaran Make A Match berbasis kreativitas yakni kelompok kemampuan kognitif tinggi (52.38), dan kelompok kemampuan kognitif rendah (38.53), lebih besar jika dibandingkan dengan anak yang diajar dengan pembelajaran Make A Match yaitu kelompok kemampuan kognitif tinggi (41.79), dan kelompok kemampuan kognitif rendah (27.50).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Rah p |
Keywords: | Make A Match Berbasis Kreativitas; Kemampuan Kognitif; dan Konsep Bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 03:41 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41734 |