Hutabarat, Grace Dennys (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116176006 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 8116176006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. 8116176006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. 8116176006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. 8116176006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 8116176006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8116176006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8116176006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8116176006 Bab I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
10. 8116176006 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
11. 8116176006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran Problem solving berbasis eksperimen dan model pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui hasil belajar fisika antara siswa yang mempunyai motivasi belajar di atas rata-rata dan motivasi belajar dibawah rata-rata. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran Problem solving dengan model pembelajaran ekspositori dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Semester II T.P 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 75 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem solving berbasis eksperimen sebanyak 38 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori sebanyak 37 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket motivasi. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis dengan bantuan SPSS 17.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : (1) Model pembelajaran Problem solving berbasis eksperimen lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada model pembelajaran ekspositori. (2) Hasil belajar fisika siswa yang mempunyai motivasi belajar di atas rata-rata lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar dibawah rata-rata. (3) Ada interaksi antara model pembelajaran Problem solving dengan model pembelajaran ekspositori dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Hut e |
Keywords: | Metode eksperimen; Motivasi belajar; Model pembelajaran; Problem solving; Fisika; Ekspositori |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4171 |