EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Hutabarat, Grace Dennys (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116176006 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116176006 Judul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116176006 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116176006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116176006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116176006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116176006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116176006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116176006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116176006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116176006 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116176006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116176006 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116176006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116176006 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116176006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116176006 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116176006 Bab I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116176006 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116176006 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116176006 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116176006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran Problem solving berbasis eksperimen dan model pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui hasil belajar fisika antara siswa yang mempunyai motivasi belajar di atas rata-rata dan motivasi belajar dibawah rata-rata. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran Problem solving dengan model pembelajaran ekspositori dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Semester II T.P 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 75 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem solving berbasis eksperimen sebanyak 38 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori sebanyak 37 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket motivasi. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis dengan bantuan SPSS 17.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : (1) Model pembelajaran Problem solving berbasis eksperimen lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada model pembelajaran ekspositori. (2) Hasil belajar fisika siswa yang mempunyai motivasi belajar di atas rata-rata lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar dibawah rata-rata. (3) Ada interaksi antara model pembelajaran Problem solving dengan model pembelajaran ekspositori dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Hut e
Keywords: Metode eksperimen; Motivasi belajar; Model pembelajaran; Problem solving; Fisika; Ekspositori
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 May 2016 22:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item
View Item