Dalimunthe, Rahmadina (2021) Analisis Peran Orang Tua Terhadap Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311078_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1163311078_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM. 1163311078_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 1163311078_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 1163311078_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1163311078_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1163311078_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1163311078_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1163311078_BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM. 1163311078_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1163311078_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Dampak Covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar berdampak
terhadap siswa dan orang tua. Beberapa dampak yang dirasakan murid yaitu murid belum ada
budaya belajar jarak jauh karena selama ini sistem belajar dilaksanakan adalah melalui tatap
muka, murid terbiasa berada di sekolah untuk berinteraksi dengan teman-temannya, bermain
dan bercanda gurau dengan teman-temannya serta bertatap muka dengan para gurunya,
dengan adanya metode pembelajaran jarak jauh membuat para murid perlu waktu untuk
beradaptasi dan mereka menghadapi perubahan baru yang secara tidak langsung akan
mempengaruhi daya serap belajar mereka. Dampak terhadap orang tua yaitu kendala yang
dihadapi para orang tua adalah adanya penambahan biaya pembelian kuota internet
bertambah, teknologi online memerlukan koneksi jaringan ke internet dan kuota oleh karena
itu tingkat penggunaaan kuota internet akan bertambah dan akan menambah beban
pengeluaran orang tua. maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
peran orang tua dalam mendampingi anak pada saat pembelajaran online di masa pandemi
Covid-19.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian deskriptif merupakan penelitian dengan tujuan untuk menjelaskan suatu variabel.
Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan dalam melakukan penelitian berorientasi pada
gejala-gejala yang bersifat alamiah. Pendekatan kualitatif ini sifatnya naturalistik dan
mendasar, oleh sebab itu tidak bisa dilakukan di laboratorium melainkan harus terjun di
lapangan. Pendekatan ini berusaha untuk memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa
interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu, untuk kemudia mencari jalan keluar dari
permasalahan-permasalahan yang ada.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan terkait dengan orang tua dalam pembelajaran
online pada masa pandemi Covid-19 di Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal yaitu kurangnya
pemahaman orang tua terhadap pelaksanakan pembelajaran online dengan menggunakan
internet dapat membuat anak aktif dalam proses belajar, kesulitan orang tua dalam
menumbuhkan minat belajar anak dan peran orang tua dalam mendidik anak dirumah pada
masa pandemi Covid-19 sangat diharapkan kedepannya hal ini tidak lagi menjadi kendala
dalam pembelajaran dirumah untuk anak supaya anak mampu mendapatkan layanan
pembelajaran yang optimal, karena layanan yang baik dan optimal untuk anak dalam belajar
adalah kunci utama dalam suksesnya tujuan pembelajaran. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan tentang maka dapat disimpulkan bahwa orang tua dalam mendampingi anak
belajar belum efektif dikarenakan orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi
anak dalam proses pembelajaran. Hambatan orang tua dalam mendampingi anak dalam
belajar yaitu kurangnya waktu dalam membantu dan membimbingi anak, kurangnya fasilitas
yang cukup seperti smartphone, atau kouta internet, serta kurangnya pemahanan orang tua
terhadap materi yang diberikan guru kepada anak. Peran orang tua dalam proses pembelajaran
di rumah juga sebagai acuan dan memotivasi anak agar anak tidak merasa mudah bosan
dalam mengerjakan tugas dari guru. Pembelajaran di rumah juga dapat mempererat
hubungannya dengan anaknya, begitupun anaknya dinilai dapat melakukan pembelajaran
di rumah dengan sangat baik. Orang tua dapat melihat perkembangan anaknya dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Orang Tua; Pembelajaran Online; Masa Pandemi |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 07:48 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41698 |