Nurhaidah (2021) Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Se-Kabupaten Simalungun. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311069_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1163311069_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. NIM. 1163311069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 1163311069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 1163311069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 1163311069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1163311069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1163311069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1163311069_BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 1163311069_BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 1163311069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru Terhadap
Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Se-Kabupaten Simalungun
yang dilaksanakan di sekolah dasar yaitu SD Negeri 094155 Rambung Merah
Kec.Siantar, SD Negeri 091253 Bukit Maraja Kec.Gunung Malela, dan SD Negeri
097319 Siopat Suhu Kec.Siantar Estate
. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang
digunakan sebagai sampel penelitian ini adalah sebanyak 30 guru. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan
dokumentasi. Hasil Penelitian Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada
Masa Pandemi Covid-19 Se-Kabupaten Simalungun sangat tinggi. Dimana
sekolah yang memperoleh nilai yang tertinggi adalah dengan nilai 4,50 kategori
“sangat tinggi” terdapat pada SD Negeri 097319 Siopat Suhu Kec.Siantar Estate,
yang kedua dengan nilai 4,45 kategori “sangat tinggi” terdapat pada SD Negeri
091253 Bukit Maraja Kec.Gunung Malela dan yang terakhir dengan nilai 4,40
dengan kategori “sangat tinggi” terdapat pada SD Negeri 094155 Rambung Merah
Kec.Siantar.
Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa
persepsi guru terhadap pembelajaran daring ini adalah virus covid-19 membawa
dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran yang ada di sekolah SD
Negeri 097319 Siopat Suhu Kec.Siantar Estate, SD Negeri 091253 Bukit Maraja
Kec.Gunung Malela, dan SD Negeri 094155 Rambung Merah Kec.Siantar.
Pembelajaran daring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar dirasa kurang
efektif dan juga pembelajaran daring ini tidak cocok digunakan pada tingkat
sekolah dasar. Karena pada dasarnya pembelajaran anak sekolah dasar masih
berpusat kepada guru. Pembelajaran daring membuat tujuan pembelajaran tidak
tersampaikan sepenuhnya dengan baik kepada peserta didik. Dan masih banyak
nya guru yang kurang memahami dalam ilmu teknologi. Ketersediaan sarana dan
prasarana yang kurang memadai, beban pada kuota internet, terlebih jika berada di
kawasan yang terganggu sinyal akan susah mengakses tugas dan video
pembelajaran yang diberikan oleh guru menjadi faktor penghambat dalam proses
belajar mengajar di sekolah Kabupaten Simalungun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi guru; Pembelajaran Daring; Masa Pandemi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 03:48 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41671 |