Rambe, Novani Maryam (2021) Analisis Penanaman Karakter Kompetensi Sosial Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Sekolah Dasar Di SDN 060870 Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8186181022 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8186181022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM. 8186181022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM. 8186181022 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM. 8186181022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 8186181022 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8186181022 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8186181022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8186181022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM. 8186181022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
14. NIM. 8186181022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
15. NIM. 8186181022 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penanaman karakter kompetensi sosial
dan menganalisis bagaimana penanaman karakter kompetensi sosial di SDN
060870 Medan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Data yang dianalisis merupakan hasil wawancara, observasi serta
dokumentasi kepala sekolah, guru dan peserta didik di SDN 060870 Kec. Medan
Timur Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karater
kompetensi sosial dalam kurikulum 2013 terlaksana dengan baik. Ada 2 aspek
penenaman karakter kompetensi sosial yaitu; (1) prilaku interaksi, yang
memiliki 4 karakterisitik diantaranya; bersahabat (dengan siswa, guru, dan
warga sekolah), memberikan penghargaan (reward), sopanan dan ramah tamah
(terhadap siswa, guru, dan warga sekolah), perduli lingkungan (2) prilaku
komunikasi, yang memiliki 3 karakteristik diantaranya; berkomunikasi secara
santun, bergaul secara efektif, dan terampil bekerjasama dalam kelompok. Maka
dapat disimpulkan bahwa penanaman karakter kompetensi sosial di SDN
060870 terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.001 Ram a |
Keywords: | Penanaman karakter; kompetensi sosial; perilaku interaksi; perilaku komunikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Apr 2021 14:55 |
Last Modified: | 23 May 2021 20:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41668 |