Harahap, Irvan Muhajir (2020) Analisis Implementasi Enam Tugas KKNI Menurut Perspektif Mahasiswa PGSD FIP UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111041_COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 1161111041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 1161111041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 1161111041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 1161111041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 1161111041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1161111041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1161111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1161111041_BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM. 1161111041_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1161111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perspektif mahasiswa
tentang pengimplementasian enam tugas KKNI di PGSD FIP UNIMED?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis implementasi enam tugas
KKNI menurut perspektif mahasiswa PGSD FIP UNIMED.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD FIP
UNIMED stambuk 2016 sampai 2019 yang berjumlah 1.351. Subjek dalam
penelitian ini adalah mahasiswa stambuk 2016 sebanyak 22 mahasiswa, stambuk
2017 sebanyak 22 mahasiswa, stambuk 2018 sebanyak 20 mahasiswa dan
stambuk 2019 sebanyak 29 mahasiswa. Jenis Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner terdiri dari 48 pernyataan
yang sudah divalidkan dan disebar melalui google form. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah deskripsi persentase dan rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: analisis implementasi enam tugas
KKNI menurut perspektif mahasiswa PGSD FIP UNIMED tergolong dalam
kategori baik dengan perolehan persentase 67,71% dengan rincian sebagai
berikut: (a) analisis implementasi enam tugas KKNI menurut perspektif
mahasiswa PGSD FIP UNIMED indikator lingkungan tergolong dalam kategori
baik dengan persentase 64,78%; (b) analisis implementasi enam tugas KKNI
menurut perspektif mahasiswa PGSD FIP UNIMED indikator organisasi
tergolong dalam kategori baik dengan persentase 55,09%; (c) analisis
implementasi enam tugas KKNI menurut perspektif mahasiswa PGSD FIP
UNIMED indikator sumber daya tergolong dalam kategori baik dengan perolehan
persentase 69,78%; dan (d) analisis implementasi enam tugas KKNI menurut
perspektif mahasiswa PGSD FIP UNIMED indikator institusi implementor
tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase 81,29%. Dengan ini
disimpulkan bahwa analisis implementasi enam tugas KKNI menurut perspektif
mahasiswa PGSD FIP UNIMED sudah baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Implementasi; Enam tugas KKNI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 05:03 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41657 |